Kamis, 09 Juni 2011

Blogging? Siapa bilang itu susah?

Reaksi: 
Gue nulis ini terinspirasi dari seorang temen gue yang bilang "Rajin amat sih blogging, gue mah ogah. Susah"
Hellooo.. Siapa bilang nulis blog itu susah? Gue sebagai seorang blogger merasa tersentil (apa deh bahasanya -_- )
Emang sih ya kadang-kadang kalo lagi nggak punya ide rasanya maleeeeess banget untuk blogging.
Tapi kalo kita punya kemauan kenapa enggak? Iya kan?
Udah ah, ngak usah basa-basi, gue mau kasih tips untuk blogging (walaupun agak dikit ngawur)
Cekidot!

1. Lagu sumber inspirasiku
Blogging sambil denger lagu? Apa salahnya? ?Ini juga yang biasa gue lakukan kalo lagi bingung mau nulis apa. Menurut sumber yang pernah gue baca di wikipedia, lagu bisa mengambangkan daya imajinasi lebih tinggi saat menulis. Lagu yang mau didengerin terserah kalian kok, asal enak aja. Kalo gue mah banyakan denger lagu mellow waktu nulis, jadi suasananya agak tenang, biar bisa nulis lebih gampang :p

2. Makanan + Minuman
Waktu nulis blog gue sering bawa makanan/minuman untuk cemilan. Untuk beberapa org mungkin cara ini bisa ganggu konsentrasi karena tiap liat makanan bawaannya pengen makan dulu baru nulis blog. Tapi kalo menurut gue enggak kok, enjoy aja. Asik juga kok nulis sambil ditemenin cemilan. Apalgi minumannya hot cappucino (kalo udah malem/lagi hujan) atau minum yg dingin2 kalo lagi kepanasan hahaha :p

3. Nulis ditempat sepi
Ini juga cara efektif yang dilakukan sebagian orang untuk nulis blog. Menyendiri ditempat sepi yang tenang. Emang asik, kalo gue lagi bosen nulis sambil dengerin lagu, biasanya gue nulis ditempat yang sepi. Entah itu di taman belakang rumah gue, entah itu diteras rumah (kalo lagi sepi), ataupun menyendiri dikamar. Kalo lagi nulis sendiri dikamar kadang-kadang pintu kamar dikunci biar nggak ada gangguan. Bahkan TV dikamar yang biasanya nyala 24jam dimatiin biar ga ribut. Kalo udah sepi gini dijamin tangan lancar banget untuk ngetik apapun yang kita mau tulis

4. Menulislah bagaikan air yang mengalir
Hehehe disini maksudnya kalo lagi nggak punya ide tapi kepengen banget posting diblog, tulis aja semua yang ada diotak kalian. Maksudnya gini, misalnya kalian lagi pengen nyeritain sesuatu. Anggap aja temanya "Manfaat keciprit dicelana waktu kecil" , kalian bisa mulai nulis sesuatu tentang keciprit. Awalin aja dengan 1 paragraf. Anggap aja misalnya paragraf awal itu kalian jelasin makna "keciprit" itu sendiri , atau kalian bisa buka paragraf dengan menyapa calon-calon pembaca. Terus kalo udah dapet 1paragraf biasanya sih dengan sendirinya otak kita bekerja menciptakan ribuan kata-kata yang sesuai dengan tema yang kita angkat. Teknik ini biasanya gue lakukan kalo gue emang lagi pengen ngeblog tapi bener-bener nggak punya ide apa yang mau ditulis. Beda lagi dengan nulis yang udah dikonsepin sebelumnya. Maksudnya kalian udah bikin tulisan dibuku/kertas/note/microsoft tentang apa yang bakal kalian tulis nantinya diblog. Ya kalo udah selesai kita tinggal ketik diblog dan posting aja tanpa mikir lagi karena naskah yang kita tulis emang udah kita tulis sebelumnya ditempat lain. Gue nyebut ini teknik men-desain. Lebih enak pake teknik ini sebenernya, karena gue bisa mastiin nggak ada kata-kata atau kalimat yang salah sebelum gue tulis diblog karena emang udah terkonsep sebelumya.

5. Anggaplah blog sebagai teman curhatmu
Selain punya orangtua, keluarga, dan sahabat sebagai wadah curhat, ternyata blog juga bisa loh. Kalian anggap aja blog ini pendengar setia kalian dan siap menampung seluruh curhatan kalian. Tapi bedanya kalo curhat sama blog kemungkinan besar dibaca sama semua orang, sedangkan kalo curhat sama orang-orangkan bisa dirahasiain. Maka dari itu hal yang kita tulis disini sebisa mungkin adalah hal-hal yang bersifat umum. Maksudnya jangan sampe tulis rahasia besar yang kita nggak mau orang lain tau itu apa. Kayak rahasia besar kalian waktu masih TK kecebur comberan , kalian malu dan berusaha simpen rahasia itu sendiri , sampai sebisa mungkin jangan satupun orang yang tau. Eh tapi iseng-iseng kalian tulis diblog dan bibaca semua orang. Itu mah bukan rahasia pribadi lagi namanya, tp malah jadi rahasia umum. Hahaa..
Nulis juga boleh asal nggak kelewatan. Kelewatan gimana maksudnya? Yang gue maksud bukan kelewatan yang tiap hari blogging mulu. Bukaaaaaaann !! Tapi yang gue maksud jangan sampe nulis kata-kata yang bikin orang salah faham, baik itu statment yang menjelek2an orang lain tanpa tau kebenarannya, atau nulis menggunakan kata-kata kasar yang emang udah nggak layak untuk dibaca. Ganggu banget kan? Yang ada ntar blog lo pada dicaci orang bukannya dipuji

Segitu aja kali ya,  nggak berani ngasih tips banyak-banyak soalnya gue sendiri juga blogger junior. Belum sesenior kak Raditya Dika, kak Bena, kak Alit, dll. Ilmu gue tentang blog mah masih cetek banget. Tips yang gue tulis ini juga hal yang biasanya gue lakuin kalo lagi blogging kok :)
Selebihnya kembali ke kalian.
So, jadi siapa bilang blogging itu susah? Kita cuma perlu latihan mengembangkan imajinasi aja kok. Tapi jangan kayak gue. Imajinasi gue udah berlebihan sampe postingan gue yang sebelum-sebelumnya pada ngaco semua. Hahaha ...




With love,
Salam Sihir :*

5 komentar:

  1. Entah kenapa aku malah paling nggak bisa konsen kalo nulis sambil dengerin lagu. Hahaha. Bawaannya pengen nyanyi terus... :D

    BalasHapus
  2. berdasarkan pengalaman sendiri nih ceritanya :D
    tiap orang beda2 sih ya nyalurin bakat sebagai blogger nya ..

    tapi gw setuju kalo nulis itu msti d tempat sepi, lebih konsen :)

    btw salam kenal ~ cebong

    BalasHapus
  3. kalo tante mah minum kopi aja biar semangat!

    ahahahhaha

    BalasHapus
  4. hihi
    Kalo Fridi nulisnya lebih enak sambil dengerin musik, asoy

    Salam dari blogger Jogja :)

    BalasHapus
  5. ngetik sambil sarapan pagi biasanya :P

    hehe

    BalasHapus

Gak Komen Gak Gaul ! :P