Selasa, 15 November 2011

PR --- Nostalgia Masa SD

Reaksi: 
Asalmuasal gue nulis ini karena waktu gue dapet notif dari fb kalo ada orang yang ngetag gue disatu kiriman. Waktu dibuka ternyata dari Riska, salah satu anggota grup KK juga. Disitu ada link post dia tentang PR berantai,gue bingung, PR apakah ini? Kenapa harus pake acara berantai segala? Mungkin waktu ngetik PR ini harus menggunakan rantai diseluruh anggota tubuhnya, bahkan laptop, keyboard, mouse pun harus diberi rantai hingga muncullah sebuah istilah PR berantai (statement ngaco seorang anak SMA)
Jadi, inti permasalahan PR berantai ini adalah membuat sebuah posting tentang masa SD kita. Gue kagum, menatap laptop dengan tatapan nanar seolah mata sedang berkata 'owh-co-cweet'.
Jadi, siapkan mental anda untuk membaca sebuah kisah abstrak masa SD saya !



Nostalgia, flashback, mengenang masa lalu, atau apapun istilahnya.
Masih inget dulu waktu masih SD gue tuh bukan tipe anak yang bisa diem. Rata-rata temen-temen seSD gue waktu itu adalah temen sekolah gue waktu di TK. Jadi gak terlalu sulit buat gue untuk buat beradaptasi. Gue cuma perlu beradaptasi dengan beberapa orang temen yang waktu itu gak seTK sama gue.
Masa SD ada seneng ada susahnya juga. Senengnya karena kita gak terlalu terbebani dengan PR-PR (soalnya tiap ada PR gue selalu minta bantuan mama papa atau kakek)
Masa SD tuh masa yang santai banget, soalnya gejalanin hidup dengan enjoy aja.
Tapi, kadang gue suka ngerasa terasing diantara temen-temen gue. Bukan karena gue cupu atau punya keterbelakangan mental sampai gue dijauhi mereka. Entah mngapa sebabnya,
Jadi nih ya, rumah gue ga terlalu jauh dari SD, jadi pulang sekolah kadang gue minta untuk gak dijemput dan mutusin jalan kaki. Lagian gak perlu dijemput pake mobil/motor juga kali kalo sekolah segitu deketnya. Kadang seisi rumah suka parno karena mereka tau gue orang yang teledor.
Jadi suatu siang pulang sekolah, entah kenapa temen-temen pada nge-bully gue. Gue gak tau apa salah gue, tapi ada satu temen yang baik, namanya Iyos, dia ngebelain gue. "Kalian kok jahat gitu sih sama dia, udah dong, dia kan gak salah apa-apa"
Tapi mereka ga perduli dan tetep nge-bully gue. Layaknya sebuah sinetron gue berjalan dengan langkah gontai nan pelan, menundukkan kepala dengan mata yang berkaca-kaca. Gue sedih, mereka ketawa-ketawa.
Iyos liat gue dengan tatapan prihatin, tapi gak bisa ngapa-ngapain.
Gue yang pada dasarnya rame jadi pendiem.
Tapi untungnya itu gak berangsung lama. Ternyata banyak temen yang sayang gue, mereka hibur gue.

Gue juga inget, di SD gue tuh dipanggil budadut. Hahahaha.. Lucu ye
Ini karangan salah satu temen gue. Jadi waktu SD badan gue tuh emang rada "ndut". Terus seiring berjalannya waktu panggilan itu berubah. Gak berubah-berubah amat sih sbnrnya, cuma ngurangin "bu-" doang, jadi yang kesisa cuma dadut. Panggilan itu masih lengket sampe gue masuk SMP dan tamat SMP. Rata-rata temen SMP gue manggil gue dadut, bahkan temen SD yang udah lama gak ketemu masih inget degan panggilan itu. Hedeeeehhh ,,,
Untungnya nih ya, temen SMA gue ga ada yang tau nama itu. Temen SD gue yang masuk SMA juga cuma 2 orang. Cowo. Dan salah satunya sekelas sama gue. Untung nih ya mereka manggil gue pake nama asli. Bwahaha...

Ngomong-ngomong pernah boker dicelana ga? Gue pernah dan itu malu-maluin banget!
Bayangin, waktu itu jam matematika, terus gue muleeeeeesss banget udah kayak apaan.
Gue permisi sama guru untuk ke WC, tapi sampe depan kelas, "Brooot" , najis gue boker !
Waktu itu gue kelas 3 kalo gak salah. Gue langsung ngibrit keWC yang di samping kelas 6. Gue panik, gue ngelepas celana dan ngebersihinnya. Namanya bocah kelas 3 SD kan masih polos ya,. Gue balik ke kelas, pura2 ga terjadi apa-apa. Tapi sayangnya 10menit kemudian kelas gempar.
"Eh, kamu nyium bau-bau gak?", "iya nih, bau apaan yah? kayak bau t*i" , "Bu, jangan-jangan ada yang eek bu" , "Iya bu, bau apaan ya?
Itu segelintir komentar temen-temen sekelas gue yang masih gue inget. Gue diem, guru ngendus-ngendus.
Waktu sampe ditempat gue "Nak, kamu buang air besar dicelana?". Saat itu juga air mata gue rebutan turun. Entah apa yang gue rasain. Antara sedih, takut, malu, ngeri.
Tanpa permisi gue langsung kabur dari kelas masuk ke WC satunya, yang ada di samping kelas 1. Temen-temen yang cowo ngegedor WC. Gue makin nangis.
Ada satu, namanya Anas, temen baik gue. Dia suka main sama cewe trs dikatain bencong. Padahal apa salahnya kan suka main sama cewe? Lagian dianya juga gentle kok. Dia sebenernya akrab sama temen-temen cowo, tapi dia kadang suka gabung sama kita2. Ga cuma dia sih gitu, rata2 semua cowo di SD gue gitu. Tapi yang gue bingung, kenapa cuma dia yang dikatain -_-
Balik lagi, jadi si Anas yang bantu nenangin gue. Besoknya gue gak masuk sekolah.

Ohiya, masa ulang tahun! Gue selalu dapet sureprise kalo gue lagi ulangtahun. Temen-temen ngelempar gue ama sagu berplastik-plastik dan beberapa telor sampe muka dan rambut gue belepotan.
Dan dengan senang hati, Anas bantu ngebersihin baju gue.

Masa SD juga gak pernanh berani bikin PR disekolah, jadi bisa dipastiin gue selalu bikin PR dirumah, gak kayak sekarang. Lupa dikit bikin disekolah! bwahahhaa


GURU FAVOURITE: Bu Veronica, dia wali kelas gue di kelas 1. Dia baiiiiikk banget. Tipikal seorang guru lembut yang menyayangi muridnya. Dia ga gampang marah dan selalu punya joke yang sukses bikin murid-muridnya ketawa walaupun kadang itu garing (murid SD mana ngerti masalah lelucon yang beneran lucu/garing)
Bu Filda, dia wali kelas gue dikelas 4,5,dan 6. Dia juga ga beda jauh sama bu Veronica. Baik, pengertian, dan sayang muridnya.
Bu Darmi, dia guru IPS gue. Dia baik, suka ngadain kuis. Jadi kita disuruh ngehapal materi, nanti disuruh maju kedepan untuk jawab pertanyaan dia. Dalam ngasih materi dia juga suka bikin muridnya ketawa.
Bu Loisa Sinaga, dia guru IPA, orang batak, tapi baik. Pernah sekali waktu lagi les (ceritanya kan waktu itu kelas 6, jadi kita les tambahan disekolah untuk persiapan ujian) dia ngambek gara-gara muridnya gak merhatiin dia. Akhirnya jadilah kita berramai-ramai minta maaf sama dia. Itulah mereka guru idola saya. *tiba-riba kangen mereka ;(



GURU KILLER: Pertama, namanya Pak Sumihar. Najis killer abis. Orang batak juga. Pake kacamata, perawakannya tinggi dengan badan yag isinya rata-rata tulang (re: ceking abis)
Dia ngajar matematika. Dia gak segan-segan melototin bahkan ngasih hukuman ke murid yang bersuara waktu dia langi ngajar. Pernah sekali pulpen gue jatoh, gue nunduk untuk ngambil pulpen dibawah meja. Eh malah dibentak "Heh, ngapain kamu! bukannya merhatiin malah blablablabla..". Dia ceramah panjang lebar dan yang bisa gue lakuin saat itu hanyalah pura-pura budek Ehiya, dia juga gue julukin "Pak Goceng" disekolah. Alasannya? Ah lupa kenapa!
Kedua, Bu Samsimar. Siapa dia? Gue bahasa Inggris. Nggak heran kalo dulu gue ga suka bahasa Inggris. Walaupun sekarang pelajaran bahasa Inggris gue bisa dibilang memuaskan, ini bukan karena ilmu dari SD, tp gue mulai ngegali ilmu bahasa Inggris gue dari SMP. Waktu itu lagi pelajaran reading, jadi ngebaca. Eh selesai baca dia ngomel gue. "kalo baca biasa aja ya. jangan overacting, saya gak suka liat kamu.  kamu pikir kamu apa? mending kalo pinter, ini lalallllalalala ~" Gue bengong. Siapa yang overacting? Najis jadi guru kok gitu amat.
Ketiga, Pak Sapri guru olahraga. Gatau kenapa kadang dia suka sentimen sama gue. Oh God -_-
Dan bisa ditebak, tiap gue dateng ke SD untuk reunian, pasti yang ditanya adalah temen-temen gue yang jadi murid kesayangan mereka. Sisanya, yang ga mereka anggep, sama kayak dulu, dibiarin gitu aja seakan-akan gaada diruangan itu.


TEMEN BOLOS: Jujur nih ya, selama jadi seorang siswa, sekalipun gue ga pernah ngelakuin hal yang namanya bolos! Ga berani. Jadi bisa dipastiin list temen bolos ini gak keisi :p

TEMEN BERANTEM:  Siapa yah? Waduh gue lupa. Kayaknya ga ada deh, karena gue bukan tipe orang yang seneng cari musuh walaupun gue suka jahil #loh (?) . Kalo emang gue ngerasa salah gue buru-buru minta maaf, kalo orang itu yang salah paling dia ngerasa sendiri. Tapi kalo dia ga ngerasa dan pura-pura cuek ya gitu deh, gue juga pura-pura ga tau. Tapi kalo temen yang suka disebelin sih ada karena sering usil/jahil. Tapi ya staycool aja lah, mengingat gue juga orang yang usil :p


MAKANAN/MINUMAN FAVOURITE: Dikantin, ada empek-empek kuah kacang, rasanya lumayan yummy. Terus ada bakso bikinan tante kantin. Kalo minuman ada es susu. Jadi tuh ya, ada susu gitu yang dibekuin dalem kulkas. Jadi serbuk susu coklatnya itu nempel didinding2 bagian dalem wadah. Suka aja ngeliatinnya. Sebenernya banyak makanan dan minuman idola di SD dulu. Tapi lupa apa aja T^T

MAINAN FAVOURITE: Kalo mainan jaman SD jangan ditanya lagi. Banyak banget! Bahkan kadang sampe sekarang masih suka iseng-iseng gue mainin. Kayak Donal Bebek. Jadi lagunya "Donal bebek mundul tiga langkah~" nanti pas abis mundur kita hompimpa, siapa yang menang bisa nginjek kaki lawan. Yang kakinya keinjek kalah. Gitu seterusnya sampe tinggal satu pemenang.
Terus ada kalo disini namanya sembunyi gong, kayak main petak umpet. Terus kalo disini takusek, main kejar-kejaran. Yang ngejar itu musuh. Kalo musuh nyentuh kita berarti giliran kita yang ngejar mereka. Dan masih banyak lagi mainan seru lainnya.

SEPATU FAVOURITE: Gue sering gonta-ganti sepatu karena sepatu gue yang kadang suka rusak. Sebagus apapun bahannya dan seterkenal apapun merknya pasti gatahan lama kalo udah namplok dikaki gue. Yang namanya sekolahan kan wajibnya pake sepatu hitam tuh, kecuali jumat sabtu yang bisa pake sepatu warna bebas, jadi gaada sepatu yang spesial. Sama aja.  Tapi kalo ditanya yang mana yang favourite, semua sepatu adalah sepatu favourite saya karena mereka semua nyaman dipakai.

TAS FAVOURITE: Sama kayak sepatu, gue juga suka gonta-ganti tas. Tas gue yang paling tahan lama adalah tas yang dibeliin mama dari sebuah catalog suatu produk. Ga tau itu karena faktor bahannya yang kelewatan tebel atau karena emang lagi antengnya make barang. Yang jelas, semua tas adalah tas favoirite gue karena semua enak dipake dan sama-sama berguna.


TEMPAT NONGKRONG FAVOURITE: Kalo ditanya tempat ngongkrong favourite mah banyak, semua dijabanin. Dari taman sekolah, kantin, bawah pohon, teras kelas, belakang perpus, sampe WC. Yan penting ada tempat untuk ngerumpi! Tapi yang paling disuka adalah tempat dibelakang kelas  1,2,3. Jadi tuh disana ada tempat yang isinya rumput doang, disana kita bebas. Kadang main, kadang ngerumpi, kadang makan jajanan disana, kadang juga belajar disana :p


KISAH CINTA: Kisah cinta? Ummmm.. Cerita ga yaaah? Mayuuu nih :p
Dulu, jaman SD gue nemuin first love gue. Namanya , inisial doang yah, EP.
Ini cinta monyet gue.
Anaknya tuh baik, care banget sama gue, jadi tiap deket dia tuh timbul perasaan terlindungi dan perasaan yang nyamaaaan banget. Matanya tuh teduh, senyumnya bikin deg2an. Kadang ga tau kenapa gue suka jealous kalo dia deket temen cewe gue. Sampe gue punya diary tempat gue curhat cerita tentang dia, tapi nyokap gue baca diary gue. AAAAAA... kebayang gak sih gimana malunyaaa? Uh,
Sampe sekarang gue masih temenan baik sama dia, masih contact2an juga kok ;)


And finally, inilah nostalgia SD gue. Maafin ya kalo kepanjangan. Yah namanya juga masa SD, 6 tahun loh itu, banyak banget kenangan yang terekam dan gak mungkin bisa gue ceritain semuanya diposting gue kali ini. Yang jelas, itu adalah salah satu masa indah yang pernah jadi bagian dari hidup gue. Kadang, kalo lagi telponan sama temen SD gue (gue masih berhubungan baik sama semua temen SD gue, Alhamdulillah ga lostcontact) , mereka suka berfantasi, "Gue pengen deh balik ke jaman SD kayak dulu lagi. Asik kali yah, gue kangen kalian nih!". Dan ga bisa boong, terkadang gue juga ngerasain hal yang sama.

Oh iya, berhubung ini PR berantai, maka PR ini gue oper ke kak Ririz, bang Mamad, bang Sihin. Itu juga kalo kalian mau sih. Tapi kalo ga mau silahkan oper tugas ke temen blogger lainnya.
Maafkan bila merepotkan, tak ada maksud hati ingin begitu, tapi ini hanya prosedur yang harus dilaksanakan demi menjalin tali silaturahni antara sesama blogger. Itung-itung berbagi pengalaman dan nostalgia SD.
Ini ceritaku, apa ceritamu?



Sumber gambar: http://fikrie.blogdetik.com/2011/10/31/pr-di-sekolah-dasar/
http://sapocupu.blogspot.com/2011/09/anak-sd-empat-tahun-kedepan-kayak-apa.html
http://meme.yahoo.com/indah_puji_lestari_/p/AhPKdSp/
http://imonlykiddo.blogspot.com/2010/09/kisah-bodoh-cinta-pertama.html
http://olgaaurora.blogspot.com/2010/12/cinta-pertama-anak-kelas-4-sd.html

15 komentar:

  1. Naaaah.. buat lagi ttg SMP yah, muahaha.. *maksa* tugasnya sekarang aku yg ngasi, contohnya bisa lihat di blogku http://sejutaimajinasi.blogspot.com/2011/11/noleh-kebelakang-bukan-ngangkang-pe-er.html :D

    BalasHapus
  2. ha ha ha..
    masa SD adalah masa2 gue harus belajar lebih jauh selangkah dari orang tua.

    BalasHapus
  3. wkwkwkwk jadi banyak yg ngebahas jaman SD :D
    masih pada polos dan lugu

    BalasHapus
  4. mundur satu dua tiga langkah :O

    (sama aku juga suka mainan itu)

    BalasHapus
  5. sekali sodara sodari, waktu esde saya korban bullying :'(
    hiks hiks

    BalasHapus
  6. untung BAB dikelasnya pas jaman SD jadi masih dimaklumi tapi membekas banget diingatan ya :o

    BalasHapus
  7. ngahahaaa... kaka pubertasnya cepet banget.. wkwk
    udah nemu first love aja wktu sd, sya wktu kelas 1 smp baru nemu.. hehe

    BalasHapus
  8. eh aku juga suka main donal bebek tuh! hahaha

    baik bu guru, PRnya akan segera saya kerjakan *ngangguk ngangguk*

    BalasHapus
  9. waaahh kaka cepet banget pubertasnya *eh. SD udah ada first love..
    saya wktu SMP ngerasain First love *curcol*

    BalasHapus
  10. banyaaaak banget yg nulis tentang masa SD ,
    entar lanjutin ke SMP, SMA, trus kuliah yaaa hehe :p :D

    BalasHapus
  11. hahaha pernah berak di celana, LOL :))

    BalasHapus
  12. masih SD udah kenal cinta cintaan yaaa :p
    gue juga.wkwkkw

    BalasHapus
  13. hahahahha ngakak pas baca yg ttg berak di celana itu. salam kenal btw :D

    BalasHapus
  14. rata2 komennya pada ketawa >,< wkwk

    BalasHapus

Gak Komen Gak Gaul ! :P