Sabtu, 21 Januari 2012

Mega Proyek DPR VS Fasilitas Rakyat Kecil

Reaksi: 
Hai hai para manusia kece! Gila! Udah berapa lama gue nggak posting? Udah berapa lama blog ini terlantar? Udah berapa lama blog ini tak terjamah oleh rangkaian kata indahku? Ah, blog ini sudah terlalu berdebu

Eh eh jadi gini yah, gue tadi nonton tv, terus malah stuck di TVone. Nggak tau knp lg pengen aja nonton berita yang lagi ngegosipin DPR dengan berjuta sensasi yang mereka buat. Sempet kepikiran, yang harusnya digosipin itu bukan Syahrini beserta jambul khatulistiwa-nya, sensasi yang dia buat nggak sebanding dengan sensasi yang dibuat anggota DPR.
Syahrini nggak ngerugiin rakyat kecil guys! DPR? You know lah
Tunggu, kenapa harus Syahrini yang dibawa-bawa? Oke, forget it!



Puluhan siswa SD di Lebak, Banten terpaksa harus meniti jembatan yang seharusnya udah nggak layak pakai. Jembatan itu roboh karena banjir bandang. Padahal nih ya, jembatan itu adalah satu-satunya sarana untuk warga desa untuk menyebrangi sungai menuju dunia luar.
Banyak resiko yang mereka ambil. Waktu gue nonton, mereka bilang mereka sering telat karena harus "meniti" jembatan itu. Yaiyalah, selangkah demi langkah yang penting selamat. Ceroboh dikit bisa fatal akibatnya. Selain itu ada resiko yang paling berbahaya. Taruhannya nyawa guys!! NYAWA! Kalo cuma nyebur ke sungai terus itu anak bisa berenang masih mending. Nah kalo arusnya lagi deres, ditambah nggak bisa berenang, you know lah akibatnya
Selain itu, yang rugi karena robohnya jembatan bukan cuma anak sekolahan. tapi juga para penduduk yang biasanya berangkat kerja atau sekedar menyelesaikan keperluan diluar desa lewat jembatan itu. Kebayang nggak sih gimana capeknya?

Selain jembatan roboh, berita tentang ribuan sekolah yang rusak juga berhasil menguras emosi. Ceilah.
Bayangin, menurut data yang ada, sekitar 150.000 unit sekolah udah nggak layak pakai. Sebagian hampir roboh, sebagian nggak punya fasilitas belajar yang layak (re: kursi, meja, dll), bahkan yang lebih parahnya lagi ada yang sekolahannya tanpa atap. Gila! Kebayang gimana repotnya mereka waktu hujan, gimana pusingnya kepala mereka waktu kepanasan. Hei, tapi mereka nggak pernah sekalipun nyerah. Nggak pernah sekalipun berpikir "Udahlah, capek sekolah kayak gini. Panas, gerah, kalo hujan kebahasan". Mereka nggak pernah ngeluh. Yang ada hanya wajah-wajah ceria anak kecil yang lugu, yang nggak tau apa-apa, yang belum mengerti arti kejamnya dunia. Yang ada dipikiran mereka hanya berangkat sekolah, belajar, dapet ilmu, ketemu sama temen-temen, tanpa pusing mikirin kondisi bangunan yang mereka tempati.
Sekolah-sekolah ini udah selayaknya dapet perhatian lebih dari pemerintah.

Oke, sebenernya masih banyak penderitaan rakyat kecil yang harusnya jadi pusat perhatian pemerintah, tap gue nggak bisa menguraikan secara rinci satu persatu.
Sekarang bandingkan dengan mega proyek yang direncanakan anggota DPR:

1. Jasa Kebersihan DPR
Kabar-kabarnya nih ya, tahun 2012 bakal ada yang namanya "Jasa Kebersihan DPR". Dana yang dipake nggak tanggung-tanggung loh, 15.000.000.000 guys! Iyaaa.. LIMA BELAS MILYAR !! Dan sampe sekarang gue bingung, bagian mananya yang harus dibersihin dari gedung DPR sampe ngabisin dana sebesar itu? Atau setiap hari perlu dilakukan pergantian sapu? Entahlah
2. Kalender DPR
Wohoooooooo... GILAK ! Kirain bank aja yang demen ngeluarin kalender. Ternyata DPR juga. Atau selama ini DPR emang sering bikin kalender tapi gue ketinggalan info yah? Tau deh. Katanya, kalender yang bakalan dicetak terdiri dari 13 halaman dan menghabiskan dana sebesar 1,3 miliar. Kalo uang segitu dipake utk beli cabe dipasar kira-kira dapet seberapa banyak yah?
3. Renovasi Toilet
Nah nah!! Ini nih yang bikin gue nggak habis pikir. Toilet guys yang direnovasi!! TOILEEEETT !! Lah terus kenapa kalo toilet? Iyalah, nggak penting banget gitu ya ngabisin duit 2M cuma untuk renovasi toilet yang menurut lembaga FITRA masih layak pakai. Kecuali kalo toiletnya kayak toilet umum, baru deh. Mending uangnya dipake untuk ngerenovasi 150.000 unit sekolah yang hampir roboh tadi deh
4. Perawatan Gedung DPR
Gedung DPR bagian mananya yang harus dirawat? Kebersihan udah ada kan? Kalo udah ada kebersihan harusnya otomatis itu gedung kerawat juga dong? Dan dana anggaran yang tersedia lebih mengejutkan. LIMA RATUS MILYAR! Katanya sih, awalnya sekertariat jendral ngusulin anggaran seberas 800M, tapi yang disetujui cuma 500M doang.
5. Renovasi Ruang Rapat Badan Anggaran DPR
Omaygaaaaatt!! Renovasi ruang rapat? Untuk apa? Kurang mewahkah ruang rapat yang sekarang? Ruang rapat yang sekarang aja masih sering ketiduran, apalagi kalo direnovasi? Renovasi ruang rapat ini membutuhkan dana sekitar 20miliar. Katanya, banyak pro kontra yang muncul karena rencana perenovasian ruang rapat ini. Dari gosip yang beredar, ruang rapat itu dilengkapi dengan mebel yang diimpor langsung dari Jerman. Jerman woy!! JERMAAAAANN !! Duit segitu mending ngongkosin gue deh jalan-jalan ke Jerman. muahahhaha
6. Pemberian Makan Rusa DPR
Anggaran untuk pemberian makan rusa ini katanya sekitar 598juta. Gue nggak mau komentar banyak tentang ini karena sampe sekarang gue nggak habis pikir, soalnya selama rapat DPR gue nggak pernah liat rusa yang duduk barengan sama para anggota DPR.
Dan masih banyak beberapa MEGA PROYEK DPR yang menghabiskan dana miliaran bahkan sampe triliunan rupiah. Tapi sayangnya rencana-rencana "brilian" itu banyak ditentang sama rakyat. Yaiyalah, duit segitu banyaknya mendingan dipake untuk hal yang lebih berguna, lebih bermutu. Misal aja nih ya, renovasi jembatan yang roboh itu, ngebangun sekolah baru sebagai ganti 150.000unit sekolah yang udah nggak layak pakai, benerin fasilitas umum yang juga mulai nggak terawat, dll. Kan kayaknya enak didenger.

Oh guys, mereka cuma rakyat kecil yang nggak berdosa. Mereka hanya korban kekerasan jaman. Mereka nggak tau apa-apa. Mau berontak? Bisa apa mereka? Mereka nggak punya kekuasaan apa-apa.
Terkadang gue suka mikir, ini salah rakyat yang memilih atau salah yang terpilih karena nggak bisa mengemban amanah? Entahlah, biarkan itu menjadi tanya yang memiliki berjuta jawaban




Sumber foto: 
http://www.detiknews.com/read/2012/01/21/062518/1821642/10/anak-sd-meniti-jembatan-rusak-dpr-ini-seperti-negara-belum-merdeka
http://www.antarasumut.com/foto/foto-sekolah-tidak-layak/attachment/sekolah-rusak-3/

25 komentar:

  1. kritis sekali posting anda. saya suka.
    memang benar, terkadang anggota DPR memandang sebelah mata rakyat kecil. Ini yang harusnya menjadi sebuah renungan untuk negara kita. Apakah negara kita memiliki pemimpin yang adil?

    BalasHapus
  2. wah gila itu pakan rusa sampe setengah M

    hewan aja dibikin makmur, kenapa rakyatnya sendiri kagak

    BalasHapus
    Balasan
    1. muahaha mereka lebih sayang hewan dibanding rakyatnya bang :p

      Hapus
  3. Tentang renovasi ruang rapat bener bngt tu,,, kalo direnovasi malah gk ad yg rpat, nanti ketiduran semua.. hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. you know lah, tnp direnovasipun banyak yang ketiduran. apalagi kalo ruangannya renovasi jadi tambah kece? tau deh~

      Hapus
  4. ini salah binatang2 yg duduk di gedung wakil rakyat sana dik :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes you're right, nip. haha lucu ya negeri kita xP

      Hapus
  5. miris banget bacanya, gue paling kasian sama sekolah-sekolah yang rusak suatu saat yang bakal mimpin negara ini kan mereka :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya. mau jadi apa negara kita kalo calon generasi penerusnya dibiarin terlantar gitu aja ? -_-

      Hapus
  6. mungkin dengan mega proyek itu, kinerja Anggota Dewan makin bagus. SEMOGA!! amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah berdoa ajalah ris. semoga mereka nggak lupa diri :p

      Hapus
  7. DPR cuman mikirin isi perutnya kok daripada rakyatnya. Toilet cuman dinikmati pas buang hajat aja pake di renovasi segitu mewahnya. mending dipake buat rakyak yang kesusahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. emang harusnya gitu. mereka aja yang nggak mikir

      Hapus
  8. gak ngerti maunya pejabat ini gimana.
    jaman sekarang mah, dari rakyat, oleh rakyat, UNTUK PEJABAT!
    kalo terusan kayak gini, ancur bisa2 indonesia!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya. Dari rakyat, oleh rakyat, untuk pejabat!
      hahha mamang motto dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat kayanya cuma sepik doang.

      Hapus
  9. iihh miris bgt deh gue bacanya, kejam bgt sihh ya para DPR mungkin para anggota DPR adalah titisan dazal/firaun yang mau ngancurin negaranya. naudzubillahimindzalik

    BalasHapus
  10. hai adinda!!! lama tak bersua. :D
    ya wajarlah, kan dicontohin sama orang istana. di istana kan anggarannya lebih wah..
    eh itu ada yang kelewat. obat kuatnya ga ditulis? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. woy kakanda uus! waaa i missmissmiss you sooo badly :p
      muahahaha iya, wajarlah. Istana negara aja anggarannya udh berapa coba? tambahin fasilitas inilah, itulah. Anggota DPR nggak mau kalah dong. Jadi heran itu duit knp nggak dipake untuk yang lebih berguna aja.
      obat kuatnya lagi nggak produksi -_-
      lagi ngajuin anggaran kali biar buka pabrik sendiri :p

      Hapus
  11. Sebenernya percuma ngomongin politik itu. Biar kata kita demo besar2an di depan gedung DPR sambil ngadain aksi bakar diri ato minum baygon secara masal juga gak bakalan di denger!

    Suara kita tuh dianggep angkot lewat coy!

    Tapi, mungkin dgn buruknya kinerja DPR, akan mendidik kita buat jadi bangsa yang mandiri. Bangsa yang gak butuh sistem kepemerintahan apapun. Merdeka, tanpa mereka!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dan itu udah terbukti dengan banyaknya korban yang berjatuhan. mungkin saking kecewa aspirasinya nggak didenger makanya sampe nekat bakar diri gitu.

      nah iya. lama kelamaan Indonesia kayak ditelantarkan. Merdeka tanpa merdeka itu ibarat istilah "punya pacar tapi serasa nggak punya pacar". eaaa :p

      Hapus
  12. Miris, mengenaskan.. apapun itu, aku kasiaan dengan korban peng"hardik"an rakyat.. uwaaaaaah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah adanya bang. kasian mereka, tak berdosa tak tau apa2, tapi jadi korban keserakahan petinggi negri

      Hapus

Gak Komen Gak Gaul ! :P